Konawe Raya

Penyakit Jembrana Mulai Menyerang Ternak Sapi di Konawe, Disnakeswan Lakukan Vaksinasi

5
×

Penyakit Jembrana Mulai Menyerang Ternak Sapi di Konawe, Disnakeswan Lakukan Vaksinasi

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi
Ilustrasi

KOLOMRAKYAT.COM: KONAWE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, telah menemukan adanya penyakit Jembrana yang mulai menyerang hewan ternak di wilayah setempat. Dua ekor Sapi ditemukan meninggal.

Guna mengantisipasi penyebaran lebih luas, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat telah melakukan vaksinasi, mengantisipasi terjangkitnya pada ternak lain.

Kepala Dinaskeswan Konawe, Jumrin mengatakan, pihaknya menemukan dua kasus kematian hewan ternak warga yang disebabkan dari penyakit Jembrana. Olehnya itu, Disnakeswan melakukan vaksinasi pada hewan ternak.

Jumrin menyebut, dua kasus tersebut berasal dari hewan ternak yang berada di Kecamatan Puriala dan Anggaberi. Sementara itu berdasarkan hasil laboratorium menunjukkan positif akibat penyakit Jembrana.

Baca Juga :  Warga Kecamatan Buke Keluhkan Air Bersih dan Izin Keramaian, Polres Konsel Respon Cepat

“Untuk mengantisipasi penyakit itu (Jembrana,red), kita lakukan vaksin. Sekitar ribuan hewan milik kelompok ternak sudah kita lakukan vaksinasi,” katanya, Senin (11 September 2023).

Ia menambahkan, kasus kematian akibat penyakit Jembrana di Puriala dan Anggaberi di duga masuk dari transmisi lintasan, sebab Konawe merupakan daerah lintasan dan transit.

Selain mencengah penyakit Jembrana, vaksinasi yang dilakukan itu juga untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit lain seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan rabies.

Baca Juga :  PLN Nusantara Power UPDK Kendari Dukung Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui CSR

“Kalau PMK ini rutin, tapi untuk rabies ini perlu sekali apa lagi sekarang kan kita menghadapi perubahan iklim. Hewan peliharaan ini (Anjing-Kucing) rentan kena virus rabies,” terangnya.

Dilansir dari laman Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian (Kementan), penyakit Jembrana saat ini sedang merebak di Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Penyakit ini tidak menular ke manusia. Penyakit Jembrana hanya menyerang Sapi utamanya Sapi Bali.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan, Kapolres Konut Salurkan 1 Ekor Sapi Kurban kepada Jurnalis di Kendari

Virus penyebab penyakit Jembrana dapat masuk ke tubuh hewan peka melalui kontak langsung dengan hewan tertular dan bisa juga disebarkan melalui insekta penghisap darah.

Untuk mencegah jenis penyakit ini hewan ternak dapat dilihat dengan suntik vaksinasi dan pemberian vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh ternak. Selain itu, peternak juga harus memastikan ternaknya mendapatkan pakan yang cukup dan menjaga kebersihan kandang.

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!