Kolom Sultra

Kepala KSOP Kendari Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Pelabuhan

10
×

Kepala KSOP Kendari Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Pelabuhan

Sebarkan artikel ini
Kepala KSOP Kendari, Letkol Marinir Sri Utomo. Foto: Ist/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari terus mengajak semua unsur pengguna jasa pelabuhan agar terus menjaga kondusifitas di seluruh pelabuhan Kendari.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Sri Utomo, mengatakan pelabuhan merupakan gerbang perekonomian yang mampu membantu ketersediaan kebutuhan bahan pokok, bahan bangunan, dan komoditi kebutuhan lainnya.

“Pelabuhan Kendari ini kan salah satu pintu masuk berbagai kebutuhan di kawasan Indonesia Timur, maka sangat penting kita jaga bersama kondisi baik di pelabuhan kita ini,” kata Sri Utomo, mengajak seluruh peserta rapat di Pelabuhan Bungkutoko Kendari, yang dihadiri seluruh unsur berkepentingan, Kamis (12 Oktober 2023).

Baca Juga :  BPBD Sultra Minta 17 Kabupaten Kota Aktifkan Pos Komando Atasi Kekeringan dan Karhutla

Kepala KSOP mengingatkan, berkaca pada kisruh konflik internal kepengurusan Tenaga kerja bongkar muat (TKBM) yang membuat kondisi di pelabuhan Kendari sempat memanas, peristiwa itu menyebabkan dampak ekonomi.

Olehnya itu, sangat penting, menurut dia, KSOP mengundang semua seluruh pengguna jasa di pelabuhan guna mendudukkan bersama membicarakan persoalan yang banyak dihadapi oleh para pengguna jasa di kawasan pelabuhan.

“Misalnya ada kendala-kendala yang ditemukan di lapangan, baik itu dari segi pelayanan, perizinan, dan sejumlah hal lain. Dengan adanya pertemuan ini, kegiatan yang ada di pelabuhan bisa lancar,” tuturnya.

Letkol Marinir Sri Utomo berpesan kepada seluruh jajaran pengguna jasa agar berkordinasi dan menyampaikan secara baik, jika terjadi kendala di lapangan atau pelabuhan.

Baca Juga :  PT DSSP Power Kendari Raih Penghargaan 10 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan

Menurutnya, jika suatu masalah dibiarkan berlarut-larut, akan mengganggu aktivitas di pelabuhan sehingga dengan kebersamaan yang dibangun, pihaknya yakin dapat menyelesaikan persoalan di lapangan.

“Tujuan dari pertemuan ini untuk memajukan pelabuhan kita di Kendari, mengoptimalkan kegiatan yang ada dan meningkatkan PNBP negara sehingga menjadi contoh bagi pelabuhan lainnya di Indonesia,” harapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa pertemuan seperti hari ini rencananya akan dilakukan setiap bulannya sebagai bagian dari inovasi KSOP Kelas II Kendari.

Sementara itu, perwakilan pengurus TKBM Karya Bahari, La Ode Ngkolilino mengatakan langkah yang dilakukan KSOP sangat bermanfaat.

“Kami sangat berterimakasih dengan gagasan kepala ksop yang mengumpulkan kami semua, banyak hal yang bisa kita diskusikan khususnya soal aktivitas bongkar muat di pelabuhan Kendari ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kadin Sultra Serahkan Bantuan ke Kanwil Kemenkumham Sultra Pembuatan Perseroan

Ia menuturkan, kegiatan ini sebagai momentum gerakan bersama semua pihak di pelabuhan guna bersama bertanggung jawab menjaga kondisi yang kondusif di pelabuhan.

“Kita akan jaga pelabuhan Kendari agar tetap kondusif, tentu perlu kerja sama semua pihak,” akunya.

Rakor tersebut melibatkan agen pelayaran, Jasa Pengurus Tranportasi (JPT), pengusaha Perusahaan Bongkar Muat (PBM) maupun Terminal Khusus (Tersus).

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!