KesehatanKonawe Raya

Yayasan Sahabat Mu’adz dan PT WIN Kolaborasi Gelar Pengobatan Gratis hingga Sunatan Massal untuk Masyarakat

16
×

Yayasan Sahabat Mu’adz dan PT WIN Kolaborasi Gelar Pengobatan Gratis hingga Sunatan Massal untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Suasana pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, kolaborasi PT WIN, Yayasan Sahabat Muadz Indonesia, Mu'adz Medical Center, dan RSUD Bahteramas. Foto: Hasrul Tamrin/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Muadz Indonesia, Mu’adz Medical Center dan RSUD Bahteramas menggelar bakti sosial (Baksos) pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat dari Kecamatan Laeya da Palangga Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, Minggu (12/11/2023).

Bakti sosial ini di pusatkan di depan kantor PT WIN jalan poros Pelabuhan Torobulu, Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Konsel. Ratusan masyarakat 7 desa dari Kecamatan Laeya dan Palangga Selatan tampak antusias dan memadati tenda bakti sosial untuk melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain melakukan ke dua hal diatas, kolaborasi lintas sektor ini juga dilakukan aksi sunatan massal untuk anak-anak di lingkar perusahaan PT WIN, aksi donor darah bagi karyawan PT WIN maupun masyarakat umum yang bersedia dan memenuhi syarat, serta pembagian kaca mata gratis kepada masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan atau lansi.

Pada aksi sosial ini, PT WIN bahkan menyediakan paket sembako berupa beras 5 kilogram, gula pasir, teh, dan minyak goreng kepada karyawan atau masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya.

Tak main-main, dalam pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini, sunatan massal, serta donor darah ini, Mu’adz Medical Center menghadirkan langsung 10 dokter spesialis dan sub spesialis, diantaranya Dokter Spesialis Bedah Umum, Spesialis Bedah Anak, Spesialis Kulit, Spesialis THT, Penyakit Dalam, Dokter Umum, dan Anestesi.

Baca Juga :  Pemda Konut Raih Predikat WTP Keenam dari BPK RI Sultra

Ketua Yayasan Sahabat Mu’adz Indonesia sekaligus Mu’adz Medical Center, Ustadz Zezen Zainal Mursalin, mengatakan sangat mengapresiasi atas support dan dukungan PT WIN dalam pelaksanaan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat ini.

“InsyaAllah Yayasan Sahabat Mu’adz Indonesia selalu berusaha untuk menjadi fasilitator terbaik bagi setiap donatur baik itu individu maupun perusahaan yang ingin mengabdi kepada masyarakat, baik dalam penyediaan tenaga medis maupun kebutuhan medis lain,” katanya.

Aksi Sunatan Massal di PT WIN. Foto: Hasrul Tamrin/KR
Aksi Sunatan Massal di PT WIN. Foto: Hasrul Tamrin/KR

Dia menyatakan, semoga apa yang dilakukan oleh PT WIN bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah S.A.W bahwa “barang siapa yang menjadi pelopor dalam melakukan kebaikan maka dia akan mendapatkan pahalanya dan pahala orang yang mengikutinya sampai hari kiamat dengan tanpa mengurangi pahala orang yang mengikutinya”.

“Kita berharap Sultra ini bukan hanya di kenal dengan banyak perusahaannya tapi kita harapkan juga perusahaan itu betul-betul dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat,” harap Ustadz Zezen.

Ustadz Zezen menilai apa yang dilakukan oleh PT WIN mendukung dan memfasilitasi pengobatan gratis kepada masyarakat ini patut menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain di Sultra, baik itu perusahaan pertambangan ataupun semacamnya.

Baca Juga :  PT DSSP Power Kendari Raih Penghargaan 10 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan

“Sejauh ini baru beberapa perusahaan tambang di Sultra yang melakukan semacam ini, salah satunya PT WIN yang mengadakan kegiatan seperti ini, ke depannya kita harapkan semua perusahaan tambang,” harapnya.

Dia menyebutkan, beberapa perusahaan tambang yang sudah pernah melakukan hal seperti bakti sosial semacam ini di Sultra ada di Kabaena, Kabupaten Bombana.

“Sudah ada juga beberapa di Kabupaten Konawe Utara yang mengkonfirmasi ke kami untuk di fasilitatori juta tapi kami masih tunda, nanti selesai pesta demokrasi (Pemilu 2024,red) baru kita lakukan,” bebernya.

Sementara itu, Project Manager PT WIN, Muhammad Nuriman Djalani, mengatakan bakti sosial perusahaan kepada masyarakat bukan kali ini dilakukan, sudah sering dilakukan baik itu dalam bentuk pembagian sembako dan pembangunan infrastruktur, namun bakti sosial di bidang kesehatan baru pertama kali dilakukan kepada masyarakat lingkar perusahaan.

“Kebetulan pemeriksaan kesehatan gratis ini kami dapat informasi akan dilakukan oleh ICM Mu’adz maka kami berkolaborasi, rangkul untuk bersama-sama lakukan laksanakan di Desa Torobulu ini untuk masyarakat,” katanya.

Aksi donor darah sukarela yang diselenggarakan kolaborasi PT WIN, Yayasan Sahabat Muadz Indonesia, Mu’adz Medical Center, dan RSUD Bahteramas. Foto: Hasrul Tamrin/KR

Melihat antusiasme masyarakat yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini, Iman menegaskan, bakti sosial di bidang kesehatan bakal dijadikan sebagai agenda rutin tahunan perusahaan PT WIN kepada masyarakat lingkar tambang dan sekitarnya, di Kabupaten Konawe Selatan.

Baca Juga :  DPC PDI-P Konut Resmi Daftarkan 20 Calegnya di KPU, Berikut Targetnya

“Melihat antusiasme masyarakat yang hadir ini maka kegiatan ini akan kami jadikan sebagai agenda tahunan kami selain dari pembagian paket sembako dan lain-lain,” tegasnya.

Iman menyampaikan, untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini tidak ada target, semua masyarakat diberikan kesempatan jika ada keluhan yang dirasakan, tapi kalau untuk sunatan massal yang rencana awal ditargetkan hanya sebanyak 50 anak ditambah menjadi 70 anak, sedangkan untuk donor ditargetkan bisa terkumpul 50 kantor darah.

“Makanya untuk memenuhi target itu kami siasati supaya menarik perhatian masyarakat untuk mendonor kita siapkan paket sembako gratis bagi masyarakat pendonor,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Torobulu Nilham, berterima kasih atas komitmen dan kepedulian PT WIN terhadap masyarakat lingkar tambang.

“Kami mewakili masyarakat merespon kegiatan ini dengan sangat baik, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, kegiatan ini betul-betul membantu masyarakat, yang tadinya masyarakat mesti jauh untuk pergi berobat bisa jadi dekat dan gratis,” jelasnya.

 

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!