Kolom Metro

Safari Ramadan Perdana, Pj Wali Kota Ajak Jemaah Tingkatkan Kepedulian Sesama

1
×

Safari Ramadan Perdana, Pj Wali Kota Ajak Jemaah Tingkatkan Kepedulian Sesama

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menyampaikan sambutan pada Safari Ramadan pertama di Masjid Al-Muhajirin, Kelurahan Bungkutoko. Foto: Hasrul/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Malam ke enam pelaksanaan ibadah puasa Bulan Suci Ramadan 1445 Hijrah atau tahun 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup melakukan Safari Ramadan di Masjid Al-Muhajirin, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kendari, Sabtu (16/3/2024).

Dalam Safari ini, Pj Wali Kota melaksanakan salat Isya dan Tarawih bersama warga setempat, hadir bersama Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala dan beberapa kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah lingkup Pemerintah Kota Kendari.

Muhamad Yusup, dalam sambutannya ia mengajak seluruh umat IsIam di Kota Kendari untuk melaksanakan atau menjalani bulan Suci Ramadan ini dengan penuh kegembiraan, keikhlasan, dan kebahagiaan. Olehnya itu, ia mengajak kepada seluruh umat muslim agar bulan Ramadan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Bulan Ramadan merupakan momentum bulan yang istimewa, tentu memiliki banyak keutamaan dan ruang yang begitu penting serta kesempatan-kesempatan yang begitu berharga buat kita semua khususnya bagi umat Islam, sehingga momen ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah dan meningkatkan kepedulian sesama,” katanya.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Kendari Tunaikan Zakatnya Lebih Awal, Ajak Masyarakat Secepatnya Berzakat

Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa Kota Kendari baru-baru ini dilanda bencana banjir, utamanya yang paling terdampak adalah warga Kecamatan Kendari dan Kendari Barat, sehingga ia sangat prihatin atas musibah ini, apalagi momennya memasuki bulan Ramadan.

Namun dibalik peristiwa atau musibah itu, ia melihat dan merasakan begitu solid, kekompakan, serta kepedulian masyarakat lain, dalam membantu korban bencana.

“Pada momentum bulan Ramadan yang penuh dengan rasa kasih sayang ini tentu harus kita tingkatkan rasa peduli terhadap kondisi yang ada disekitar kita, cinta dan rasa sayang sesama masyarakat dan warga negara Indonesia, jadi inilah yang harus kita maknai di bulan suci Ramadan ini,” ucapnya.

Pj Wali Kota juga mengingatkan selain rasa kepedulian sesama, salah satu kewajiban umat atau masyarakat yang harus ditunaikan di bulan Ramadan ini adalah membayar zakat. Dimana zakat yang dibayarkan itu sangat besar manfaatnya untuk membantu perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Ratusan Pemuda dan Mahasiswa di Kendari Duduki Kantor BPOM Kendari, Diduga Langgar Prosedur Pengawasan

“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan kewajiban setiap umat Islam. Tentunya kewajiban itu bisa memberikan manfaat besar dalam dimensi kehidupan sosial dan ekonomi,” jelasnya.

Dia menyampaikan, bahwa saat ini pemerintah Kota Kendari sudah berusaha dan berupaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui program pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, dan teknologi kerakyatan.

“Namun demikian, upaya yang perlu diperhatikan adalah tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah dan tidak mungkin bisa terwujud segala upaya pemerintah tanpa partisipasi dan dukungam masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, Penceramah, Rijal, S.Ag, mengatakan ada tiga hal yang harus dipahami dan dilaksanakan, sehingga apa yang dikerjakan bisa bernilai ibadah dan tidak sia-sia. Salah satu adalah memaksimalkan niat ibadah dan amal perbuatan.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Sapa Masyarakat Gunung Jati Berikan 470 Paket Bantuan Pangan Beras

“Jika apa yang kita kerjakan dan lakukan kita niatkan dengan sungguh-sungguh, maka apa yang kita kerjakan itu pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik pula, baik di dunia maupun hingga diakhirat kelak,” urainya.

Pada kesempatan Safari Ramadan perdana ini, Pj Wali Kota Kendari langsung menyerah hadiah dan bantuan dari Baznas Kendari kepada pendiri masjid, pengurus masjid, hingga pengurus majelis taklim masjid Al-Muhajirin, berupa alquran, mukenah, dan uang.

Selain itu, secara pribadi Muhammad Yusup juga langsung menjanjikan untuk segera memberikan bantuan dua unit AC (air conditioner) kepada pengurus masjid, sehingga masyarakat atau jamaah semakin aman, nyaman, dan khusyuk dalam beribadah.

“InsyaAllah besok bantuannya sudah bisa diantarkan,” pungkasnya.

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!