EkobisMuna Raya

Rumah BUMN PLN Muna Melatih Pelaku Usaha Binaannya Manfaatkan Aplikasi Konten

99
×

Rumah BUMN PLN Muna Melatih Pelaku Usaha Binaannya Manfaatkan Aplikasi Konten

Sebarkan artikel ini
Suasana pelatihan terhadap pelaku Usaha Micro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN PLN Muna cara memakai aplikasi desain konten produk. Foto: LM Nur Alim/KR

KOLOMRAKYAT.COM: MUNA – Rumah BUMN PLN Muna melakukan pelatihan terhadap para pelaku Usaha Micro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya memanfaatkan aplikasi desain konten produk untuk bisa menaikan pangsa pasar, Jumat (27 Oktober 2023).

Tak tanggung-tanggung, dalam pelatihan ini Rumah BUMN PLN Muna menghadirkan langsung pemateri di bidang, salah satunya adalah Pranata Komputer Sub koordinator Pemberdayaan Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muna.

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna Sitti Muzdalifah, mengatakan dalam meningkatkan kesuksesan suatu bisnis serta memenangkan persaingan di era modern market, salah satu kuncinya yakni meningkatkan kreatif dan inovatif dari produk yang kita hasilkan.

Baca Juga :  Bank Indonesia Wilayah Sultra Siapkan Uang 1,9 Triliun untuk Kebutuhan Selama Ramadan dan Idul Fitri

“Langkah utama adalah desain promosi produk usaha. Untuk menghasilkan desain yang menarik tentunya para UMKM dituntut untuk mengetahui beberapa aplikasi mendesain untuk keperluan konten produk,” katanya.

Menurutnya, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi konten produk, sehingga produk jualan bisa memiliki nilai tambah dan lebih estetis.

“Nah, salah satu aplikasi desain yang sering kita jumpai saat ini adalah aplikasi Canva. Semoga pelaku usaha binaan Rumah BUMN PLN Muna bisa mahir menggunakan,” harapnya.

Baca Juga :  Telkomsel Sisihkan Rp1.000 dari Pembelian Paket Super Seru untuk Renovasi Sekolah Dasar di Seluruh Indonesia

Dikatakan, modifikasi dan kreatifitas dalam usaha penting dilakukan untuk pelaku usaha agar usaha yang digeluti bisa menuju UMKM go digital dan go online.

Sementara itu, Pranata Komputer Sub Koordinator Pemberdayaan Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muna, Wa Ode Rahmawaktu, SE, S. Kom, M.T.I , dalam paparannya menyarankan para pelaku usaha agar memanfaatkan aplikasi Canva, selain mudah didapatkan, juga mudah cara pengaplikasiannya untuk mendesai konten produk yang di jual belikan.

Namun ia menyarankan agar dalam setiap konten produk yang dibuat harus lebih efesien, menarik, dan mudah dipahami konsumen.

Baca Juga :  Indosat Dorong Inklusi Digital Sampai ke Indonesia Timur

“Hasil konten yang dibuat menggunakan aplikasi, harus menarik dan kata-katanya dapat meyakinkan pembeli,” ucapnya.

Setelah pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa membuat konten sendiri sesuai produk masing-masing untuk bisa digunakan sebagai promosi di dunia digital guna meningkatkan nilai ekonomi usaha masing-masing.

 

 

 

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!