Konawe Raya

Pj Bupati Konawe Salurkan Bantuan Air Bersih dan Sembako di Kecamatan Lalonggasumeeto

15
×

Pj Bupati Konawe Salurkan Bantuan Air Bersih dan Sembako di Kecamatan Lalonggasumeeto

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba (tengah) mengisi drum air bersih untuk masyarakat di Desa Bumi Indah, Kecamatan Lalonggasumeeto, Konawe. Foto: Hasrul/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KONAWE – Menindaklanjuti informasi adanya dampak kekeringan akibat el nino di Kecamatan Lalonggasumeeto, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba turun langsung bersama BPBD dan instansi terkait, mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak, Sabtu (28/10/2023).

Bantuan air bersih yang disalurkan kepada masyarakat kurang lebih tiga unit mobil pemadam kebakaran. Bantuan tersebut di salurkan salah satunya di Desa Bumi Indah, Lalonggasumeeto.

Selain memberikan bantuan air bersih, Pj Bupati juga menyerahkan bantuan sembako 25 kilogram kepada masyarakat lansia di Balai Desa Toolawawo.

Baca Juga :  Harga Beras Meningkat, Warga Dua Kecamatan di Konsel Kecipratan Bantuan 75 Ton Beras

“Untuk sementara guna memenuhi kebutuhan air bersihnya kami bantu distribusikan air bersih dulu melalui BPBD, selanjutnya akan kami carikan alternatif lain apakah dibuat sumur bor, atau hal lain,” kata Harmin Ramba, kepada masyarakat yang menerima bantuan air bersih.

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan atau el nino, debit air gunung yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk kehidupan sehari-hari mulai berkurang, sehingga kini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air.

Informasi yang dihimpun media ini, beberapa masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan air, alternatifnya harus membeli air tandon dari penyedia jasa sumur bor.

Baca Juga :  PT DSSP Power Kendari Ajari Perencanaan Karir Ke Pelajar SMAN 20 Konsel

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati juga menyempatkan waktu berdiskusi dengan warga di Desa Bumi Indah dan di Desa Toolawawo, Kecamatan Lalonggasumeeto.

“Jadi selama musim kemarau ini, pemerintah Konawe akan tetap melayani kebutuhan air bersih warga yang terdampak, dan ini akan kita salurkan sesuai kebutuhan masyarakat. Saya hadir hari ini, sekaligus melihat dampak dari El Nino ini, dan kita dari Pemerintah Kabupaten Konawe akan membantu masyarakat kita yang kekurangan air bersih,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jibrar Pimpinan Baru Bawaslu Konawe Kepulauan 2023 - 2028

Harmin Ramba menegaskan, akan menangani kekeringan air ini. Pemerintah Kabupaten Konawe telah menyiagakan unit mobil tangki dari BPBD Konawe untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat.

Tampak dalam kunjungan pendistribusian air ini, Pj Bupati Konawe turut didampingi oleh Perwira Penghubung (Pabung) Konawe dan sejumlah kepala OPD lingkup Konawe, diantaranya Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, serta Asisten Ahli.

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!