Muna Raya

Plt Bupati Muna Serahkan LKPj 2023 ke DPRD Muna

222
×

Plt Bupati Muna Serahkan LKPj 2023 ke DPRD Muna

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Muna Bachrun Labuta menyerahkan dokumen LKPj 2023 ke Ketua DPRD Muna, Irwan. (Foto: LM Nur Alim/KR)

KOLOMRAKYAT.COM: MUNA – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muna, Bachrun Labuta menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Muna tahun anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna, Rabu (12 Juni 2024). Dokumen LKPj itu diterima langsung oleh ketua DPRD Muna, Irwan dan disaksikan seluruh anggota.

Plt Bupati Muna Bachrun Labuta datang menyerahkan LKPj pada rapat paripurna DPRD didampingi oleh Sekretaris Daerah, Eddi Uga bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Muna.

Baca Juga :  Pemda Muna Usulkan 450 P3K dan 75 CPNS ke KemenPAN-RB

Dalam sambutannya, Bachrun Labuta mengatakan, kebijakan pengelolaan keuangan dalam APBD tahun anggaran 2023 sesuai dengan RPJMD tahun 2021-2026.

“Mengacu pada perumusan permasalahan dan isu strategis tahun 2023, serta arah kebijakan pembangunan nasional dalam rencana kerja pemerintah tahun 2023,” kata Bachrun, Rabu (12/6/2024).

Bachrun menyampaikan, dalam realisasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 dengan target pendapatan daerah tahun 2023 sebesar Rp 1,287 Triliun berubah menjadi Rp 1,238 Triliun atau turun 4 persen dari target awal.

Baca Juga :  Dinas PUPR Muna Jalin Kerja Sama dengan UHO Latih Tenaga Teknis Laboratorium

“Ini dipengaruhi oleh adanya perubahan target pendapatan yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah,” terangnya.

Bachrun mengatakan, penyerahan LKPJ ke DPRD Muna merupakan amanah konstitusi yang wajib bagi setiap kepala daerah sebagaimana amanah UU No.23 tahun 2014 tentang pemerintah Daerah.

“LKPj ini disampaikan kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran, untuk dibahas bersama guna mendapatkan rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam satu tahun anggaran,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kakanwil BPN Sultra Apresiasi BPN Muna sebagai Penopang Tercapainya Program Nasional

“Penyerahan LKPj sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan sebagaimana diamanahkan dalam peraturan perundang-undangan tersebut,” sambungnya.

Ketua DPRD Muna, Irwan, memimpin jalannya rapat paripurna memutuskan LKPj Bupati Muna tahun anggaran 2023 mulai dibahas pada Kamis (13/6) sampai dengan Sabtu (15/6).

“Akan dibahas dilintas komisi hingga tuntas,” cetusnya.

 

Laporan: LM Nur Alim

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!