Muna Raya

Memperingati HUT RI Ke 78, BPN Muna Mengadakan Bazar UMKM

113
×

Memperingati HUT RI Ke 78, BPN Muna Mengadakan Bazar UMKM

Sebarkan artikel ini
Bazar UMKM BPN Muna dalam rangka HUT RI Ke 78 di kantornya. (Foto: LM Nur Alim/KOLOMRAKYAT.COM)

KOLOMRAKYAT.COM: MUNA – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna mengadakan bazar Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 tahun dikantornya, Jumat (18 Agustus 2023).

Bazar UMKM BPN Muna berkolaborasi dengan UMKM Desa Napalakura untuk menyediakan stok produk yang akan dibagikan kepada puluhan masyarakat Kabupaten Muna sebagai langkah membantu dan mempromosikan hasil olahan UMKM yang merupakan bagian dari program ases reforma agraria BPN secara nasional.

Kepala Kantor BPN Muna, Muhammad Ali Mustapha mengatakan, Desa Napalakura merupakan binaan kita dalam memanfaatkan sumber daya alam di Bumi Sowite (Muna), dan BPN secara nasional memiliki tugas untuk membina masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan alam.

Baca Juga :  Dana Inpres dan DAK Muna Capai 50 Miliar, Dua Jalan Poros Tuntas Tahun 2023

“Inilah program BPN dalam menata ases reform agraria,” kata Ali dalam sambutannya diacara Bazar UMKM dikantornya, Jumat (18/8/2023).

Dia menerangkan, program akses reforma agraria memiliki tiga tahapan. Tahap pertama, penanganan akses reform, yakni tahap penyuluhan dan pemetaan sosial, baik potensi sumberdaya alam dan kelembagaan yang ada.

Tahap kedua, yakni tahap pembentukan kelompok dan pendampingan untuk bisa mengelola potensi yang dimiliki dan tahap ketiga, yakni pengembangan usaha dan pemasaran.

“Untuk tahun 2023 Desa Napalakura masuk sebagai tahap ketiga yaitu pengembangan dan pemasaran. Saat ini, Desa Napalakura memiliki potensi alam yang baik dari segi perikanannya, ikan bandeng dan udang,” tutur orang nomor satu di kantor BPN Muna itu.

Baca Juga :  Mutasi Jabatan di Muna Bakal Terjadi, Job Fit Akan Diulang

Sementara Kepala Desa Napalakura, Sunarti merasa terbantu dan bersyukur atas langkah yang dilakukan oleh BPN Muna membina dan membantu UMKM di Desa yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, kegiatan BPN membawah berkah bagi Desa dan UMKM Napalakura,” ucapnya.

Sebelumnya, dirinya mengetahui, bahwa BPN hanya memiliki kerja pengukuran tanah, akan tetapi saat ini juga memiliki program akses reforma agraria untuk menghidupkan UMKM salah satunya yang ada di Desa Napalakura.

“Dengan adanya kegiatan bazar ini, kami berharap UMKM Desa Napalakura bisa lebih dikenal lagi,” harapnya.

Dalam bazar yang berkolaborasi dengan BPN Muna, UMKM Desa Napalakura menghadirkan prodak, yakni bandeng presto, abon bandeng, kripik bandeng dan kripik rasa udang, serta yang belum dihadirkan, yakni bakso udang dan ikan.

Baca Juga :  Hari Ini, KPK Kembali Melakukan Pemeriksaan di Kantor Bupati dan Bappeda Muna secara Tertutup

Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muna, Asmini Muuri yang juga ikut dalam kegiatan Bazar ini menyatakan, pihaknya akan selalu memberikan dukungan setiap pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha, termaksud UMKM Desa Napalakura.

“Kami akan membantu dalam pendirian izin usahanya dengan mudah secara online dan bila ada masalah, silahkan datang kekantor untuk diselesaikan masalahnya, dengan menyediakan persyaratan yang diperlukan diantaranya, KTP dan kartu keluarga serta mengisi formulir,” tuturnya.

 

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!