Kolom Sultra

KSOP Kendari Lakukan Apel Siaga dan Buka Posko Terpadu Jelang Nataru

0
×

KSOP Kendari Lakukan Apel Siaga dan Buka Posko Terpadu Jelang Nataru

Sebarkan artikel ini
KSOP Kelas II Kendari melakukan Apel persiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2024 di halaman kantor. Foto: Ist/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Demi menjaga dan memastikan kelancaran dan kenyamanan transportasi laut jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari melaksanakan Apel Siaga dan pembukaan Posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di halaman Kantor KSOP Kendari, Senin (18 Desember 2023).

Apel siaga ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan dan kesediaan seluruh personel petugas KSOP Kendari bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan kelancaran arus mudik angkutan laut selama Natal dan tahun baru.

Kasi Lala KSOP Kelas II Kendari, La Ode Mustafa, saat memimpin upacara menyampaikan sambutan dan amanat Dirjen Hubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi, menyebutkan bahwa angkutan Nataru tahun 2022-2023 mengalami kenaikan sebesar 44,86% dibandingkan tahun 2021- 2022.

“Pada angkutan Nataru tersebut harus dipastikan bahwa tranportasi laut bisa berjalan dengan baik, lancar, serta berjalan aman. Tentunya untuk penyelenggaraan angkutan ini kita harus dapat pastikan dapat menyelenggarakan transportasi laut dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada masa Nataru ini,” katanya, menyampaikan pesan Dirjen Hubungan Laut.

Dikatakan, angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi pada momen-momen libur Nataru yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan dimana transportasi laut menjadi satu-satunya sarana transportasi yang tersedia. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik atau libur.

Baca Juga :  Tidak Disertai Sertifikat Kesehatan Karantina, Sapi dan Kuda Asal Siwa Ditahan

Dirjen Hubungan Laut, melalui Kasi Lala KSOP menyadari bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang, dan Crew kapal. Selain itu, perlu juga sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

“Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mempersiapkan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan,” terangnya.

Dirjen Hubungan Laut menegaskan, demi untuk memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laik laut, diinstruksikan kepada seluruh para Kepala Kantor KSOP Utama, Kepala KSOP Khusus Batam, Kepala KSOP Kelas I s/d IV dan Kepala UPP Kelas I s/d III agar melaksanakan uji kelaiklautan kapal (ram check) terhadap seluruh kapal yang berada/beropersi di wilayah kerjanya.

Baca Juga :  Sinergi Tim Pembina Samsat Sumsel Tingkatkan Optimalisasi Kepatuhan Pemilik Kendaraan Bermotor

“Termasuk, pentingnya meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan seluruh stakehokder dan operator serta membentuk Posko Pelayanan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Laut No: IR-DJPL 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024,” tegasnya.

Dia juga menekankan, guna meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya terhadap pengawasan kapasitas penumpang serta berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

“Kemudian pentingnya mengoptimalkan potensi armada pada daerahnya masing-masing, terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik/balik sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan penumpang, dan memperbaharui informasi terkini jadwal kedatangan/keberangkatan kapal baik di pelabuhan atau melalui media sosial bagi perusahaan pelayaran,” bebernya.

Selain itu, KSOP juga diminta membuat mitigasi potensi resiko dan memperhitungkan kesiapan armada, serta memanfaatkan media sosial dalam mempublikasikan informasi terkait penyelenggaraan Angkutan Laut Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menugaskan Tim SMRT atau Social Media Response Team untuk selalu memperbarui konten media sosial UPT serta selalu mengutamakan pelayanan kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui Nomor Hotline yang disiapkan oleh masing-masing UPT.

Baca Juga :  Monitoring dan Evaluasi, Kakanwil BPN Sultra Puji BPN Muna Tuntaskan Program Nasional

Selanjutnya, pada kesempatan yang baik ini Dirjen meminta kepada seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut termasuk para petugas Posko untuk dapat menjalankan tugas ini dengan dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas dan sungguh-sungguh serta melaporkan perkembangannya setiap hari.

“Dengan komitmen, kolaborasi, koordinasi, dan integritas, marilah kita bersama-sama berupaya agar Penyelengaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan baik dan sukses serta masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar dan sehat serta terkesan dengan perjalanan mudik mereka sebagaimana narasi utama Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024ini, yaitu “Transportasi Aman Liburan Nyaman,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut juga diikuti Instansi terkait lainnya, selain itu pembukaan posko terpadu resmi dibuka dengan tanda penyematan terhadap perwakilan personil instansi terkait lainnya.

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!