Konawe Raya

PT WIN Kembali Salurkan CSR, Bantu Pembangunan Masjid, Kantor Desa hingga Fasilitas Air Bersih

38
×

PT WIN Kembali Salurkan CSR, Bantu Pembangunan Masjid, Kantor Desa hingga Fasilitas Air Bersih

Sebarkan artikel ini
Manajemen PT WIN menyerahkan bantuan pembangunan kantor Desa Torobulu, Sabtu (7/10). (Foto: Hasrul/KR) 

KOLOMRAKYAT.COM: KONSEL – Sebagai bentuk kontribusi, kepedulian sosial, dan lingkungan kepada masyarakat lingkar tambang, PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) kembali menyalurkan bantuan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sabtu (7/10/2023).

Pada kesempatan kali ini, perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan ore nikel itu menyalurkan dana CSR-nya kepada masyarakat dalam bentuk dana atau materi untuk pembangunan Masjid dan Gereja, pembangunan kantor desa, pembangunan fasilitas olahraga, sarana pendidikan, dan bantuan pembangunan fasilitas penyediaan air bersih berupa sumur bor.

Tak tanggung-tanggung, bantuan pembangunan masjid yang diberikan manajemen PT WIN di Masjid Nurul Jihad, Desa Torobulu, Konsel, senilai Rp200 juta rupiah. Bantuan ini diserahkan langsung manajemen perusahaan kepada pengelola masjid, untuk dipergunakan sebagai anggaran pembangunan lanjutan.

Sebelum itu, PT WIN juga telah mendistribusikan bantuan berupa material bangunan berupa semen dan pasir untuk pembangunan masjid, sejak awal dimulainya proses pembangunan Masjid Nurul Jihad.

“Atas bantuan dari PT WIN ini semoga proses pembangunan Masjid Nurul Jihad Desa Torobulu ini bisa berjalan lancar,” ucap Abdul Razak, bendahara Masjid Nurul Jihad Torobulu, kepada awak media usai menerima bantuan dari PT WIN, Sabtu (7/10).

Masjid dengan kapasitas dua lantai tersebut jika sudah rampung diperkirakan bisa menampung 500 jemaah. Saat ini proses pembangunannya sedang diperluas. Sedang dalam pengerjaan kontruksi dinding, lantai, dan atap masjid.

“Alhamdulillah masjid kita ini sengaja kita bangun dua lantai, supaya bisa menampung seluruh jamaah masyarakat desa kalau tiba hari-hari besar Islam, kira-kira bisa tampung 500 jamaah,” beberapa Razak.

Selain bantuan pembangunan Masjid, PT WIN juga turut memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja di wilayah Punggaluku, yaitu Gereja Pantekosta Indonesia. Bantuan yang diserahkan sebesar Rp20 juta rupiah untuk kelanjutan pembangunannya.

Baca Juga :  PT BEM Berdayakan Masyarakat Lingkar Perusahaan
Manajemen PT WIN menyerahkan bantuan pembangunan Gereja Pantekosta Indonesia, Punggaluku, Sabtu (7/10). (Foto: Hasrul/KR)

Pendeta Gereja Pantekosta Indonesia Punggaluku, Pdt. Darman Tanggeli STH, mengaku sangat berterima kasih atas partisipasi dan bantuan PT WIN tersebut karena sangat bermanfaat. Sehingga itu, ia berharap kepada pemerintah dan masyarakat harus mendukung keberadaan perusahaan ini karena sudah banyak sekali partisipasinya, baik dalam bentuk bantuan meteriel maupun dana.

“Kiranya apa yang sudah dilakukan oleh PT WIN dalam pembangunan Geraja dan kegiatan keagamaan kami, atas nama pendeta dan masyarakat sangat berterima kasih sekali utamanya kepada pimpinan PT WIN,” katanya.

“Dana bantuan yang diberikan kepada kami ini akan dipakai untuk pembangunan lantai dan plafon Gereja Pantekosta Indonesia, di Kelurahan Punggaluku,” sambung Pdt. Darman Tanggeli STH yang juga merupakan Ketua PGPI Konsel.

Selain bantuan untuk pembangunan Masjid dan Gereja itu, pada kesempatan yang sama, Manajemen PT WIN juga turut menyerahkan bantuan untuk Taman Kanak-kanak (TK) di Desa Torobulu, guna menunjang fasilitas belajar anak-anak sebagai generasi bangsa. Bantuan tersebut senilai Rp 10 juta rupiah yang diserahkan melalui pemerintah Desa Torobulu.

Pada sektor pengembangan olahraga, PT WIN turut membantu memberikan dana pembangunan lapangan bola voli sebesar Rp20 juta rupiah kepada pengurus Karang Taruna desa. Harapannya, bisa melahirkan bibit-bibit atlet potensial dari Torobulu ke depannya.

Sementara untuk kelancaran proses pemerintahan di desa, PT WIN juga menyerahkan bantuan senilai Rp100 juta rupiah untuk kelanjutan proses pembangunan kantor desa. Tidak main-main, kantor Desa Torobulu tersebut digadang-gadang bakal menjadi kantor desa termegah di Kabupaten Konawe Selatan, bahkan di Sultra secara umum.

Baca Juga :  PT WIN Rutin Gelontorkan CSR Kepada Masyarakat Lingkar Tambang
Manajemen PT WIN menyerahkan bantuan pembangunan kantor Desa Torobulu, Sabtu (7/10). (Foto: Hasrul/KR)

Kepala Desa Torobulu, Nilham, mengakui, dengan berbagai jenis bantuan dari PT WIN yang sudah diberikan selama ini kepada masyarakat untuk kepentingan keagamaan, olahraga, hingga kepada pemerintah desa hari ini tidak bisa dipungkiri kehadiran perusahaan ini di wilayah Torobulu cukup memberikan efek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Bahkan, menurut dia, beberapa bentuk bantuan yang diterima oleh masyarakat bukan hanya riil semata dari pihak perusahaan, melainkan apa yang menjadi kebutuhan atau usulan dari masyarakat yang berkaitan dengan kepentingan bersama selalu direspon baik oleh perusahaan.

“Diliat apa saja yang diusulkan oleh masyarakat ataupun kebutuhan secara umum oleh pemerintah desa selalu direalisasikan oleh PT WIN,” terang Nilham.

Momen-momen hari besar keagamaan, seperti Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Adha sudah menjadi kegiatan rutin pihak PT WIN untuk memberikan bantuan kepada masyarakat lingkar perusahaan, berupa pemberian bantuan sembako dan sejenisnya.

Nilham juga menyampaikan bahwa pembangunan kantor desa di wilayahnya tidak menggunakan dana desa, melainkan melalui dana Comdev (Community Development) PT WIN yang selama ini diberikan sebagai bentuk kontribusinya.

“Agar dana-dana Comdev yang diberikan selama ini bisa kelihatan dan dirasakan langsung manfaatnya, kami bersama masyarakat mengusulkan agar ada pembangunan kantor desa. Karena selama ini kantor desa sudah tidak memadai lagi dan tidak bisa di bangun dengan dana desa, maka hasil kesepakatan dengan masyarakat di bangun dengan dana Comdev,” jelasnya.

Nilham juga menyebutkan, salah satu bantuan dari PT WIN yang cukup besar manfaatnya yang dirasakan masyarakat adalah bantuan pembangunan infrastruktur drainase dan Talud penahanan banjir. Dimana di Desa Torobulu, ada beberapa lingkungan sebelumnya jika tiba musim hujan selalu menjadi langganan banjir. Namun kini dengan bantuan pembangunan Talud dari PT WIN sudah tidak ada lagi banjir.

Baca Juga :  Ekspos 100 Kerja Pj Bupati Konawe Disampaikan ke Kemendagri

“Dari tahun 2018 dan 2019 Torobulu selalu dilanda banjir, tapi alhamdulillah sekarang dengan adanya bantuan infrastruktur Talud penahanan banjir dari PT WIN kurang lebih sepanjang 1.000 meter kiri dan kanan, sudah tidak ada lagi banjir kalau musim hujan, itu bisa dilihat dan dicek langsung kalau musim hujan,” bebernya.

Project Manager PT WIN, Muh. Nuriman Jaelani (kanan) menyerahkan bantuan pembangunan lapangan bola voli kepada pemuda Karang Taruna Desa. (Foto: Hasrul/KR)

Sementara itu, Project Manager PT WIN, Muhammad Nuriman Jaelani, mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat lingkar tambang tersebut sebagai bentuk kontribusi dan komitmen perusahaan, bahwa perusahaan ini hadir bukan semata-mata hanya untuk mengambil kandungan ore nikel, tetapi bisa memberikan dampak positif, ekonomi, sosial dan lingkungan kepada masyarakat setempat, maupun masyarakat Konsel dan Sultra secara umum.

Di tahun ini, lanjut dia, bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat sangat beragam, baik dari pembangunan infrastruktur jalan usaha tani, pengerasan lorong-lorong, dan pembagian sembako.

“Bahkan besok lagi akan ada pembagian paket sembako sebanyak 300 paket sembako, jika di rupiahkan bisa mencapai nilai sebesar Rp 1 miliar rupiah lebih,” ungkapnya.

Dikatakan, bahwa bantuan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat bukan hanya kali ini, tapi setiap saat dan setiap tahun selalu berikan.

“Memang kalau soal bantuan ini jarang diketahui publik karena tidak terekspos ke publik, tujuan kita memang hadir memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dirinya berharap apa yang sudah diberikan perusahaan selama ini kepada masyarakat, baik bantuan yang berbentuk fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan, sumur bor, dan lain-lain bisa dijaga, digunakan, serta dirawat dengan baik sehingga bisa berkepanjangan. (Adv)

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!