EkobisKolom Sultra

Proper Biru KLHK Wujud Komitmen Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan PT DSSP Power Kendari

7
×

Proper Biru KLHK Wujud Komitmen Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan PT DSSP Power Kendari

Sebarkan artikel ini
Plant Head PT DSSP Power Kendari, Hasmunir (kanan) saat menerima penghargaan KLHK melalui Sekda Sultra Drs. H. Asrun Lio. (Foto: Ist/KR)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – PT DSSP Power Kendari kembali meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa sertifikat Proper dengan peringkat biru untuk tahun penilaian 2022-2023.

Penghargaan ini sendiri adalah penghargaan ketiga PT DSSP Power Kendari secara berturut-turut pada program penilaian yang dilakukan oleh KLHK untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan yang kemdian menjadi perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Penghargaan Proper tersebut diserahkan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi tenggara Drs. H. Asrun Lio, kepada Plant Head PT DSSP Power Kendari, Hasmunir selaku perwakilan management di hari pembukaan Halo Sultra yang menjadi rangkaian acara HUT Sultra yang ke 60.

Baca Juga :  KSOP Kelas IIA Kendari Edukasi Pemilik Tersus dan Termum Efektivitas Pemuatan Ore Nikel

CSR & Government Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar, menjelaskan Proper biru yang diraih perusahaan 3 kali berturut-tersebut adalah wujud pengakuan dari pemerintah terkait tata kelolah aktivitas bisnis yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang selama ini telah berjalan dengan baik di perusahaan pembangkit listrik tersebut.

“Ini yang akan kita coba terus tingkatkan, sejak beroperasi di tahun 2019, kami memiliki catatan yang baik untuk pengelolaan lingkungan khususnya yang terkait dengan izin lingkungan, pengendalian pencemaran air dan udara dan pengelolaan limbah B3. Tentu catatan-catatan baik ini tidak akan berhenti di sini, kita akan terus memadupadankan aspek-aspek terkait agar terus bisa berkontribusi pada denyut perekonomian Sulawesi tenggara tanpa mengesampingkan aspek keberlanjutan,” kata Risal, Senin (29/4/2024).

Baca Juga :  Polda Sultra Tes Psikolog Calon Walpri Cakada Pilkada 2024

Risal menjelaskan, dalam menjalankan proses bisnis di bidang pembangkitan listrik, PT DSSP Power Kendari selalu berupaya untuk meminimalkan dan mengendalikan dampak lingkungan melalui sistem pemantauan dan pencegahan pencemaran udara seperti penggunaan teknologi Continuous Emissions Monitoring System (CEMS) dan utilisasi Fly Ash dan Bottom Ash yang saat ini terus dilakukan oleh perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga secara aktif melaksanakan sejumlah program Corporate social responsibility di bidang lingkungan seperti penanaman 30.000 pohon mangrove di area perusahaan dan transplantasi terumbu karang yang kini sudah memasuki tahun ke-3

“Capaian ini akan menjadi motivasi tersendiri kepada seluruh insan PT DSSP Power Kendari untuk terus menjaga lingkungan sebagai bagian dari upaya keberlanjutan. Inovasi-inovasi akan terus kita lakukan sehingga, tidak hanya akan berdampak positif bagi keberlanjutan perusahaan tapi juga memberi manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Kadin Sultra Dorong Pasar Wayong jadi Pasar Digital dan Higienis di Kota Kendari

Ia pun menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang kembali diberikan oleh KLHK dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada PT DSSP Power Kendari tersebut.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2X50 MW yang berlokasi di Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sultra melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sultra – Sulawesi Bagian Selatan.

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

 

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!