Kolom Metro

Hati-hati Penipuan! Akun Facebook Pakai Nama dan Foto Pj Wali Kota Kendari Meminta-minta Uang

39
×

Hati-hati Penipuan! Akun Facebook Pakai Nama dan Foto Pj Wali Kota Kendari Meminta-minta Uang

Sebarkan artikel ini
Akun Facebook palsu menggunakan nama Muhammad Yusuf meminta-minta uang. (Foto: Screenshot)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Perkembangan teknologi begitu pesat khususnya media sosial tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga bisa dimanfaatkan negatif oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan, salah satu korbannya adalah Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup.

Oknum tidak bertanggung jawab itu membuat akun Facebook memakai foto profil dan background keluarga, serta nama Muhammad Yusuf menyerupai akun resmi milik Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup untuk meminta-minta sejumlah uang kepada pemilik akun Facebook lain.

Salah satu korbannya adalah teman Pj Wali Kota. Dia dimintai sejumlah uang melalui pesan Messenger oleh pemilik akun Facebook Muhammad Yusuf tersebut. Setelah dikonfirmasi langsung ke Pj Wali Kota Kendari ternyata tidak betul alias hoax. Nahas, uang itu raib.

Baca Juga :  Polemik Soal Utang Pemkot, Pj Wali Kota Tegaskan Utang Daerah Tetap Dibayar Sesuai Kemampuan Daerah

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Nismawati, menjelaskan bahwa betul ada akun Facebook mirip nama dan menggunakan foto Pj Wali Kota
untuk meminta-minta uang. Padahal itu tidak benar dan hanya penipuan.

“Dari segi penulisan nama saja sudah salah, seharusnya Muhamaad Yusup tapi di akun Facebook itu tertulis Muhammad Yusuf,” kata Nismawati, Senin (29/4/2024).

Baca Juga :  DPM PTSP Kota Kendari Raih Penghargaan Dari Kemenkes RI Atas Layanan MPP Digital

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat, teman, kerabat, maupun seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari agar tidak mudah percaya atas oknum-oknum yang mengatasnamakan Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup baik melalui media sosial meminta-minta uang dengan dalih kebutuhan atau keperluan tertentu.

“Akun Facebook itu sudah kami telusuri tapi sudah tidak ada, mungkin sudah di hapus. Jadi sekali lagi kalau ada yang meminta-minta uang untuk kepentingan tertentu mengatas namakan Pj Wali Kota jangan percaya, tidak mungkin Pj Wali Kota mau minta-minta uang lewat medsos,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pekerjaan Belum Rampung, Asmawa Tosepu Kebut Peresmian Jalan Kembar Kali Kadia

Sekali lagi Nismawati menegaskan, kepada masyarakat maupun ASN agar tidak mudah percaya dengan akun media sosial yang meminta-minta uang, pasalnya di era teknologi seperti sekarang ini bisa saja ada oknum yang tida bertanggungjawab mencari keuntungan sendiri dengan melakukan penipuan.

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!