Kolom Sultra

IKWI Sultra Rajut Kekompakan dan Kebersamaan Melalui Olahraga

1
×

IKWI Sultra Rajut Kekompakan dan Kebersamaan Melalui Olahraga

Sebarkan artikel ini
Pengurus IKWI Sultra saat senam bersama di pelataran Sekretariat PWI Sultra di Kendari. (Foto: Istimewa)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) senantiasa merajut kebersamaan dalam merangkai silaturahim, dengan melakukan kegiatan olahraga bersama di pelataran sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, di jalan Abunawas, Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Minggu (26/5/2024).

Ketua IKWI Sultra, Haspiana, menyampaikan bahwa IKWI senantiasa memupuk hubungan silaturahim antar anggota serta berupaya membangun hubungan kekeluargaan dan kesetiakawanan keluarga Pers Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam visi IKWI.

“Dalam setiap bulannya, selain kegiatan olahraga, secara rutin IKWI Sultra juga melaksanakan kegiatan keagamaan yang dikemas dengan arisan,” ujar Haspiana.

Lebih lanjut ia menceritakan, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) sebagai organisasi sosial pada mulanya dibentuk di daerah-daerah dengan tujuan mempererat kekeluargaan dan persatuan untuk mengusahakan perbaikan nasib dan kesejahteraan keluarga wartawan dengan meningkatkan pengetahuan dan pendidikan.

Ini tampilan gambar iklan

“Daerah yang pertama kali mendirikan organisasi adalah Semarang pada 23 Maret 1958 dengan nama Ikatan Isteri Wartawan. Pada tanggal 23 Juni berdiri di Jakarta dengan nama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI),” ungkap Haspiana.

Selanjutnya berturut-turut berdiri IKWI di Yogyakarta pada tanggal 26 Desember 1960, Di Solo 10 Mei 1960, Medan 11 Juni 1960, Makasar 10 Mei 1961, Surabaya 27 Juni 1961, Bandung 27 Juni 1961 dan di Banjarmasin 10 Juni 1961.

Kemudian atas prakarsa IKWI Jakarta diadakan pertemuan besar IKWI seluruh Indonesia pada tanggal 18 sampai dengan 20 Juli 1961 yang dihadiri oleh ke-sembilan daerah IKWI tersebut.

“Nah, pada tanggal 19 Juli itulah dibentuk Pengurus Pusat IKWI serta menyususn Anggaran Dasar, dan selanjutnya pada tahun1961 IKWI terdaftar sebagai anggota KOWANI dengan nomor terdaftar 28,” tutur Haspiana yang akrab disapa mama Mail.

Haspiana bilang, visi IKWI itu terbangunnya hubungan kekeluargaan dan kesetiakawanan keluarga Pers Indonesia dengan dilandasi semagat nilai-nilai Pancasla dan UUD 45.

Sedangkan misinya ada empat, yakni:.

1. membina kemampuan dan keterampilan anggota sebagai warga Negara dan ibu bangsa yang mampu menjadi teladan masyarakat,.

2. Menjalin hubungan dan kebersamaan dengan instansi pemerintah dan non pemerintah serta organisasi wanita lainnya,

3. Membina kesejahteraan lahir dan batin keluarga IKWI untuk ikut menunjang jajaran Pers dalam melaksanakan misinya.

4. Turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan Hari Pers Nasional.

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!