Politik

Tim Hukum AMIN di Sultra Dikukuhkan, Siap Kerja Iklas Tanpa Batas Kawal Proses Pemilu 2024

19
×

Tim Hukum AMIN di Sultra Dikukuhkan, Siap Kerja Iklas Tanpa Batas Kawal Proses Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua THN Provinsi Sultra, Syarifuddin Latief (kiri) saat di wawancara awak media usai deklarasi. Foto: Hasrul/KR

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Tim Hukum Nasional (THN) Provinsi Sulawesi Tenggara calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi dikukuhkan dan melakukan deklarasi di Kendari, Minggu (28/1/2024).

Pengukuhan ini dihadiri langsung pengurus pusat THN Anggota Divisi Bidang Sengketa Hasil Dr Ahmad Awaluddin SH, MH dan sejumlah perwakilan partai politik pengusung dan pendukung pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ahmad Awaluddin mengungkapkan Tim Hukum Nasional muncul karena Anies Baswedan melihat ke depan akan muncul permasalahan-permasalahan hukum terkait proses hingga hasil dari Pemilu 2024.

“Setelah dimandatkan oleh Pak Anies Baswedan, THN bergerak cepat membentuk korwil-korwil di tiap provinsi seluruh Indonesia. Alhamdulillah hari ini kita sampai di Sulawesi Tenggara dibawah komando Syahiruddin Latief. InsyaAllah THN bisa rampung di kabupaten dan kota di Sultra,” ujar Ahmad dalam sambutannya mewakili Ketua Umum THN Dr Ari Yusuf Amin SH, MH.

Baca Juga :  Pandangan Pengamat Politik UHO tentang Pilkada Mubar dan Wacana Kotak Kosong

Ia menyebut fungsi THN selain menangani masalah sengketa hasil Pemilu, THN juga akan banyak membantu partai-partai pengusung dalam hal pemenangan Pemilu di 2024.

“Mudah-mudahan setelah dikukuhkan koordinator wilayah dan jajaran THN Sultra bisa bersinergi bersama tim pemenangan beserta simpul-simpul pemenangan di Sultra,” pinta Ahmad.

Di tempat yang sama, Sekretaris Tim Pemenangan AMIN Sultra, Yaudu Salam Ajo mengapresiasi sekaligus berterima kasih terhadap tim hukum pasangan AMIN Sultra yang baru saja dikukuhkan dan dideklarasikan.

“Terima kasih sebesar-besarnya terhadap tim hukum pasangan AMIN Sultra. Ini sangat luar biasa, punya tagline ihlas tanpa batas, tidak takut dan siap melawan. Kita tidak ingin Pemilu ini berlangsung dengan kecurangan dan kita tidak ingin satu suara masyarakat dimainkan kekuatan politik yang bisa mencederai Pemilu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Relawan Sabhangka Bachrun Labuta Bakal Deklarasikan Diri

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra memastikan, sebagai salah satu partai pengusung, PKS siap memenangkan pasangan AMIN di bumi anoa untuk Indonesia yang lebih baik.

“Kami sebagai partai pengusung pasangan AMIN jelas bagaimana semaksimal mungkin memenangkan pasangan AMIN di Sultra. Mari sama-sama memenangkan pasangan AMIN untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar mantan anggota DPRD Sultra tersebut.

Sementara itu, Koordinator Tim Hukum Nasional Provinsi Sultra, Syahiruddin Latief SH, MH menambahkan, terbentuknya Tim Hukum Nasional Provinsi Sultra ini usai menerima mandat dari Tim Hukum Nasional pusat di Jakarta.

“Tim ini akan bekerja maksimal untuk mengawal kemenangan Anies-Muhaimin di Sultra,” ucap Syahiruddin Latief.

Dia menyampaikan, pasca pelantikan ini tugas THN Sultra adalah menyiapkan posko-posko pengaduan untuk masyarakat manakala ada yg mau melaporkan pelanggaran-pelanggaran Pemilu yang berkaitan dengan Pilpres.

Baca Juga :  Bahtra Banong Sebut Partai Gerindra Prioritaskan Kader untuk Diusung pada Pemilihan 2024

“Tapi tugas kita tidak hanya sebatas menerima aduan saja, tapi akan turun melakukan monitoring di lapangan, seperti apa pelanggaran-pelanggaran dan kecurangan itu dilakukan, dan akan dilakukan proses hukum, baik melalui somasi atau tindakan hukum lain sesuai kewenangan” tegasnya.

Syahiruddin Latief menyebutkan, beberapa hal yang penting dan harus di kawal dalam proses Pemilu ini adalah kecurangan perhitungan suara, netralitas ASN, dan intimidasi.

“Jadi perlu diketahui bahwa gerakan tim ini mandiri, tidak ada support logistik keuangan yt memadai, semua karena keikhlasan semangat untuk berubah, jadi semangatnya ini iklas tanpa batas, semoga Tuhan merestui,” pungkasnya.

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!