Konawe Raya

PT Sumber Bumi Putra Peduli Sosial dan Lingkungan Selama Beroperasi

6
×

PT Sumber Bumi Putra Peduli Sosial dan Lingkungan Selama Beroperasi

Sebarkan artikel ini
Manajemen PT SBP menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat lingkar perusahaan. Foto: Ist
Manajemen PT SBP menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat lingkar perusahaan. Foto: Ist

KOLOMRAKYAT.COM: KONUT – Sebagai bentuk komitmen atas kehadiran perusahaan di Bumi Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara, manajemen PT. Sumber Bumi Putra (SBP) memberikan bantuan sosial dan lingkungan kepada masyarakat di lingkar perusahaan di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Konawe Utara.

Melalui program dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan dana program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), PT. SBP sejak awal masuk hingga kini telah banyak memberikan bantuan baik pada momen hari besar Islam maupun hari lain, berupa bantuan Sembako dan bantuan lingkungan. Hal itu dilakukan sebagai salah satu kewajiban perusahaan terhadap masyarakat.

Tercatat, pada 18 Oktober 2021 lalu PT. SBP membangun Jembatan Pelangi di Desa Puuwonua, Kecamatan Andowia, yang menghubungkan 4 desa, yaitu Desa Labungga, Desa Laronanga, Desa Puuwaonua, dan Desa Puusuli yang diresmikan langsung oleh Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin.

Pada 2022 lalu, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan tersebut juga menunjukkan kepedulian sosialnya kepada masyarakat. Melalui momen Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, PT Sumber Bumi Putera (SBP) bekerja sama dengan Yayasan Ya Rahman Ya Rahim Al Waasih berbagi paket sembako sekaligus buka puasa bersama dengan masyarakat lingkar perusahaan di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Konut.

Baca Juga :  PT WIN Kembali Salurkan CSR, Bantu Pembangunan Masjid, Kantor Desa hingga Fasilitas Air Bersih

Selain itu, PT. SBP juga berkomitmen memberdayakan masyarakat lingkar tambang, dengan mempekerjakan masyarakat dalam perusahaannya. Pada beberapa sektor lain PT SBP juga selalu peduli dengan mensupport kegiatan-kegiatan kepemudaan baik di lingkungan perusahaan maupun di luar lingkar perusahaan.

PT. SBP juga melalui program CSR dan dana PPM turut terlibat aktif memfasilitasi pelatihan kerja terhadap masyarakat lingkar tambang bekerja sama dengan BPVP Kendari serta memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi khususnya di lingkar tambang.

Tak hanya itu, PT. SBP juga turut terlibat aktif dalam pembangunan masjid di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara

Manajemen PT SBP menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat lingkar perusahaan. Foto: Ist

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. SBP, Sudrianto menjelaskan, penyaluran CSR dan dana PPM yang dilakukan oleh perusahaan selama ini, baik melalui penyaluran bantuan sosial dan kepedulian lingkungan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat, sehingga bisa turut dirasakan manfaatnya.

Baca Juga :  Rayakan Kemerdekaan, PT DSSP Power Kendari Salurkan Bantuan Sosial ke Masyarakat

“Hal-hal tersebut tentunya sebagai komitmen PT. SBP terhadap masyarakat, khususnya masyarakat di lingkar tambang operasional perusahaan,” ujarnya, Senin (18 September 2023).

Ia juga mengungkapkan, selain peduli lewat bantuan sosialnya, manajemen perusahaan selalu berkomitmen responsi dan merespon apa-apa yang menjadi keluhan masyarakat sekitar akibat yang ditimbulkan oleh aktivitasnya.

Dikatakan Sudrianto, salah satu kepedulian SBP pada sektor pendidikan anak-anak atau generasi masyarakat lingkar perusahaan adalah memberikan bantuan beasiswa bagi siswa-siswi dan mahasiswa berprestasi di lingkar tambang khususnya Desa Pusuli.

“Perusahaan mesti hadir sebagai solusi khususnya untuk masyarakat lingkar tambang dimana ia beraktivitas,” pungkasnya.

Camat Andowia yang diwakili salah satu staf Kecamatan, Herman, mengaku selama hadir beroperasi di wilayah kerjanya PT SBP sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Sehingga patut untuk berterima kasih terhadap bantuan PT SBP kepada masyarakat.

Baca Juga :  Sopir Truk Beberapa Kecamatan di Konawe Ketiban Manfaat dari Kontraktor Jasa Pemuatan

“Kami sangat berterimakasih atas bantuannya kepada masyarakat, semoga bantuan sost sembako dan lingkungan selama ini bisa terus bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu, mewakili masyarakat, Kepala Desa Puusuli, Sudin, mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kami ucapkan terimakasih dan ini sudah kesekian kalinya kami diberikan bantuan oleh PT. SBP,” ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan bantuan sembako yang diberikan kepada masyarakat.

“Bukan hanya bantuan sembako yang diberikan, sudah banyak kami dibantu oleh PT. SBP, dari pembangunan masjid, jembatan, pemberian pelatihan, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan program-program kerja bakti masyarakat,” tuturnya.

Terakhir pihaknya juga berharap perusahaan selain PT. SBP dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat lingkar tambang.

“Kalau di desa ini baru PT. SBP yang sangat nyata memperhatikan kondisi masyarakat lingkar tambang,” pungkasnya. (Adv)

 

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!