Kolom MetroKolom Sultra

Masyarakat Toraja di Kendari Peringati Hari Kastor ke 59, Dihibur Artis Jebolan Indonesian Idol

14
×

Masyarakat Toraja di Kendari Peringati Hari Kastor ke 59, Dihibur Artis Jebolan Indonesian Idol

Sebarkan artikel ini
Lomba menari putri Toraja rangkaian peringatan Hari Kastor di Kendari. (KOLOMRAKYAT.COM)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Kerukunan Masyarakat Toraja di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, merayakan hari jadi Kasiturusanna Sang Torayan (Kastor) ke 59 tahun pada Sabtu, 29 April 2023.

Peringatan ini berlangsung meriah di kediaman Anton Timbang pengusaha asal tanah Toraja, di Jalan Cempaka Putih, Kelurahan Wuawua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hari Kastor di Kendari, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, lomba baca sura’ matadu, lomba menyanyi solo putra-putri, lomba pidato putra-putri, lomba domino, ibadah syukur, dan parade budaya Toraja.

Sebagai penutup acara, Hari Kastor diisi oleh penampilan dua artis nasional jebol Indonesian Idol yakni Nowela dan Delon Thamrin. Penyanyi yang bernama asli Nowela Elizabeth Auparay merupakan juara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedelapan dan terakhir pada tahun 2014. Sedangkan Delon Thamrin adalah seorang penyanyi berdarah Tionghoa-Indonesia yang merupakan runner-up Indonesian Idol musim pertama, dan menjadi peserta tertua di musim tersebut.

Baca Juga :  Instalasi Air 11 Kilometer di Kabaena Terpasang, Sumber Air Makin Dekat Berkat PT TMS

Keduanya tampil memukau menghibur seluruh masyarakat Toraja yang hadir dalam acara peringatan hari Kastor tersebut. Delon lebih awal tampil, lalu disusul Nowela yang berhasil menghipnotis masyarakat kerukunan Toraja pada lagu terakhir dengan lagu Ojo Dibandingke yang dipopulerkan oleh artis cilik Farel Prayogo disambung dengan lagu dangdutan, membuat masyarakat Toraja menari bersama-sama dengan tarian lulo, khas Kota Kendari, Sultra.

Baca Juga :  Kepala KSOP Kendari Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Pelabuhan

Anton Timbang selaku tuan rumah mengatakan, tak kurang dari 1.500 orang berkumpul merayakan HUT Kastor Kota Kendari ke-59 pada tahun ini.

“Selama ini karena adanya pandemi Covid-19, acara peringatan HUT Kastor tahun sebelumnya tidak bisa kita rayakan seperti ini. Momen hari ini, pemerintah sudah mengizinkan sehingga kami semua bisa berkumpul bersama masyarakat Toraja yang ada di Kota Kendari. Kami sangat bersyukur dan bergembira,” ujar Anton.

Dalam HUT Kastor ke 59 ini, lanjut Anton, beberapa lomba diadakan seperti lomba menyanyi, pembacaan ayat al kitab dalam bahasa Toraja, lomba vokal grup, dan lomba domino.

“Saya berharap semoga Kastor ke depannya bisa semakin baik, semakin kompak, sehingga di mana pun kita berada, kebersamaan itu selalu ada. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Di mana pun kita berada, di situlah kita akan membaur bersama membangun kemajuan daerah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Peringati Bulan Bahasa: HMJ Bahasa dan Sastra Indonesia di Kendari Gelar Aksi Damai

Anton menegaskan, Kastor sebagai organisasi kemasyarakatan yang memiliki anggota di Kota Kendari sekitar tiga ribu kepala keluarga berkomitmen untuk terus memajukan daerah.

“Kami berharap bisa terus berkontribusi, untuk membantu pemerintah baik dalam hal pembangunan maupun dalam bidang-bidang lain,” tutupnya.

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!