Kolom MetroKolom Sultra

Kota Kendari Matangkan Kesiapan Hadapi MTQ Provinsi di Konut untuk Raih Terget Juara Umum

25
×

Kota Kendari Matangkan Kesiapan Hadapi MTQ Provinsi di Konut untuk Raih Terget Juara Umum

Sebarkan artikel ini
Peserta MTQ Kota Kendari saat mengikuti pemusatan latihan atau training center di salah satu hotel beberapa waktu lalu. (Foto: Ist/KR)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) atas arahan dan petunjuk Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup terus mematangkan kesiapannya menghadapi lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan dilaksanakan di Kabupaten Konawe Utara (Konut) pada tahun 2024 ini.

Baru-baru ini, Bagian Kesra Kota Kendari telah melakukan pemusatan latihan ata training center (TC) bagi seluruh peserta di masing-masing cabang lomba MTQ yang akan diikutsertakan. Hal itu dilakukan untuk memastikan kesiapan dan pendalaman materi, serta pemahaman untuk meraih target sebagai juara umum.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Pemkot Kendari, Sapri, mengatakan pemerintah Kota Kendari dalam hal pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan persiapan-persiapan, salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan melakukan training center (TC) yang melibatkan seluruh peserta dari masing-masing cabang lomba untuk mewakili Kota Kendari.

Baca Juga :  Selama 2023, Dinas Cipta Karya Sultra Capai Target 80 Persen dari Total Anggaran 386 Miliar

“Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menyempurnakan, bisa mendapatkan lemah lebih, sekaligus juga menjadi bekal persiapan menghadapi lomba nanti,” katanya, Senin (30/5/2024).

Dengan adanya TC itu, nantinya para peserta dari Kota Kendari bisa tampil lebih maksimal, punya semangat lebih, dan jiwa juang yang tinggi dalam pelaksanaan lomba MTQ tingkat Provinsi yang akan dipusatkan di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

“Harapan kita sekaligus harapan Pj Wali Kota Kendari, Kota Kendari mudah-mudahan bisa meraih juara umum pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi tahun ini, sehingga bisa tampil di tingkat nasional,” ucap Sapri, optimis.

Kabag Kesra juga bilang, pada saat training center itu khusus peserta yang ikut pada lomba yang berkaitan dengan suara dilatih kemampuan suaranya dan peserta yang berkaitan dengan keterampilan juga demikian. Termasuk kesiapan fisik dan mental saat tampil juga di latih.

Baca Juga :  PKC PMII Sultra Apresiasi Ketua Kadin Sultra Dukung Kebangkitan Ekonomi

“Kita harapkan ketika mereka tampil bisa percaya diri, menyempurnakan apa yang menjadi kendala salama ini ketika tampil di tingkat lokal. Intinya semua kriteria penilaian itu bisa dipenuhi,” ujarnya.

Sapri menyebutkan, Kota Kendari akan menerjunkan pesertanya pada seluruh cabang lomba MTQ tingkat Provinsi nanti, dengan jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 100 orang yang akan mengikuti cabang lomba beserta bagian-bagiannya.

“InsyaAllah seluruh peserta dari Kota Kendari sudah siap. Pelatih dan pendamping selama proses TC lalu sudah memberikan bekal-bekal dan persiapan yang matang,” bebernya.

Dalam hal mencapai target yang diimpikan tersebut, Pemerintah Kota Kendari juga berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari dan MUI dalam mempersiapkan seluruh peserta, baik dari segi pemahaman maupun hal-hal lain, termasuk dalam hal dukungan semangat bagi peserta.

Baca Juga :  Amal Center Teken Piagam Kendari Bersama K4 Project Gelorakan Masyarakat Cinta Alquran di Bumi Anoa

“Sekali lagi target kita pada lomba MTQ tingkat Provinsi ini adalah juara umum,” tegasnya.

Beberapa cabang lomba yang akan diikuti oleh peserta Kota Kendari antara lain, hafalan ayat-ayat suci alquran, tahfidz alquran, dan lomba penulisan kaligrafi. Kota Kendari akan mengikuti semua cabang lomba yang diperlombakan di MTQ tingkat Provinsi ini.

Meskipun belum diketahui secara pasti kapan tanggal pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang di pusatkan di Kabupaten Konawe Utara tersebut, namun peserta dari tingkat Kota Kendari sudah mempersiapkan diri tampil pada ajang pengembangan ilmu keagamaan tahunan itu.

 

 

 

Laporan: Hasrul Tamrin

 

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!