Hukum & KriminalKampus

Lomba Debat Hukum Bidkum Polda Sultra, Mahasiswa Bahas Hoax dan Restorative Justice

16
×

Lomba Debat Hukum Bidkum Polda Sultra, Mahasiswa Bahas Hoax dan Restorative Justice

Sebarkan artikel ini
Mahasiswi peserta dari Universitas Halu Oleo menyampaikan materinya pada lomba debat yang diselenggarakan Bidkum Polda Sultra. (Foto: Ist/KR)

KOLOMRAKYAT.COM: KENDARI – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Bidang Hukum (Bid Kum) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Lomba Debat Hukum yang melibatkan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Kendari yang dipusatkan di Aula Dachara Mapolda, Kamis (6/6/2024).

Lomba debat ini dibuka langsung oleh Kabid Hukum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Proyek Widu, S.H., M.H., diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum dari tiga universitas besar di Kota Kendari, yaitu Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Lomba debat hukum ini mengusung tema yang hangat diperbincangkan, yaitu Permasalahan Penegakan Hukum Polri terkait dengan Penyebaran Berita Hoax serta Penerapan Restorative Justice. Tema ini dipilih untuk mendorong para mahasiswa hukum agar lebih memahami peran Polri dalam penegakan hukum di era digital dan pentingnya restorative justice dalam menyelesaikan konflik di masyarakat.

Baca Juga :  Polsek Lainea Tingkatkan Pengamanan Arus Mudik di Torobulu-Tampo, Aman dan Lancar

Kombes La Ode Proyek Widu dalam sambutannya, menegaskan bahwa lomba debat hukum ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara 1 Juli mendatang. Tujuannya adalah untuk mewujudkan sinergitas antara Polri dan Perguruan Tinggi dalam mendukung pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Para peserta debat hukum dihadapkan pada materi yang berkaitan dengan dua isu penting, yaitu restorative justice dan undang-undang informasi dan transaksi elektronik atau UU ITE. Kedua materi ini dipilih karena dianggap perlu dipahami oleh generasi muda, khususnya mahasiswa hukum, agar dapat membantu Polri dalam menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Musnahkan Sabu dan Ganja, Wakapolda Sultra Minta Personel Narkoba Terus Genjot Pengungkapan Kasus

Melalui lomba debat hukum ini, Lanjut La Ode Proyek, Bidkum Polda Sultra berharap para mahasiswa hukum dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka tentang penegakan hukum di era digital.

“Selain itu, diharapkan mereka juga dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarkan informasi yang benar dan mendorong penerapan restorative justice dalam menyelesaikan konflik di masyarakat,” ucapnya.

Lomba debat hukum yang diselenggarakan oleh Bidkum Polda Sultra merupakan langkah positif dalam membangun sinergitas antara Polri dan perguruan tinggi. Dengan lomba ini, diharapkan para mahasiswa hukum dapat berperan aktif dalam mendukung pemeliharaan Kamtibmas dan mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan.

Baca Juga :  Bagi-bagi Takjil Gratis di Bundaran Gubernur Kendari, Ini Pesan Karo Ops Polda Sultra

Pemenang lomba debat hukum ini akan mendapatkan hadiah menarik dan berkesempatan untuk berkompetisi di tingkat regional di Makassar. Jika berhasil menjadi juara di Makassar, mereka akan melaju ke tingkat nasional dan berkompetisi di Mabes Polri.

 

 

Editor: Hasrul Tamrin

ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan ini tampilan gambar iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!